Search

Memuat...

Sabtu, 26 Desember 2009

Keburukan Struktur Organisasi Garis/Staff dan Fungsional pada suatu Institusi Pendidikan

Dalam hal ini yang menjadi dasar organisasi dalam suatu institusi pendidikan adalah pembagian kekuasaan dan tanggung jawab (responsibility). Jadi yang dimaksud dengan struktur organisasi adalah mewujudkan segenap tugas pekerjaan untuk mencapai tujuan organisasi.

Sedangkan yang dimaksud dari organisasi itu adalah: “menciptakan suatu struktur dan bagian-bagian yang terintegrasi yang saling mempengaruhi antara satu bagian dengan bagian lainya”.


Bentuk struktur organisasi fungsional dan lini di bidang pendidikan

Struktur Organisasi Garis.

Struktur organisasi ini mengenal suatu komando, sehingga tiap-tiap pekerjaan dalam organisasi hanya mengenal satu pemimpin. Dengan demikian ketegasan dalam perintah dan disiplin lebih terjamin.

Struktur Organisasi Fungsional.

Struktur ini memanfaatkan tenaga ahli di dalam bidang khusus semaksimal mungkin, sehingga seorang pekerja dapat saja diperintah oleh lebih dari satu atasan sesuai dengan keahliannya.

Struktur Organisasi Staff.

Struktur ini adalah perpaduan antara struktur organisasi garis dengan struktur organisasi fungsional dengan bantuan staff. Staff adalah tenaga ahli yang bertugas memberikan pertimbangan dan nasehat sesuai dengan keahliannya.

Keburukan Struktur Organisasi Garis/Staff dan Fungsional pada suatu Institusi Pendidikan :

1.Tidak bisanya membentuk kerjasama dengan anggota lain yang mempunyai kemampuan / skills yang berbeda-beda.

2. Menimbulkan tirani minoritas

3. Koordinasi sulit dilaksanakan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar