Search

Memuat...

Rabu, 12 Oktober 2011

Aquascape

Aquascaping adalah seni mengatur tanaman air, serta batu-batu atau kayu dalam sebuah akuarium, Yang mana didesain dengan sedemikian rupa yang bisa menenangkan hati si pemilik nya. Biasanya aquascape berisi tanaman yang hijau serta ikan-ikan kecil yang tidak merusak tanaman tersebut.
Pada masa kini sebuah aquarium bukan lagi hanya sebagai tempat memelihara ikan, didalamnya juga dapat untuk memelihara tanaman air hidup menyesuaikan dengan habitat aslinya konsep ini disebut aquascaping.aquascaping yang didekorasi dengan indah dan pemeliharaan dengan baik memiliki nilai tambah bagi suatu ruangan dan mereka yang menempati ruang tersebut, karna itu kini aquascaping tidak saja diselenggarakan oleh aquaris, tapi juga sebagai elemen interior ruang tinggal, perkantoran, rumah sakit, restoran, salon, yang memiliki fasilitas areal umum misalnya ruang tunggu.

Sekilas bila melihat aquascape terbesit dipikiran kita bahwa membuat aquascape adalah sulit dan membutuhkan seni yang tinggi. Sebenarnya itu wajar bagi orang yang pertama kali melihat/kenal aquascape. Akan tetapi bila mempelajari dan sering mencoba mendesain aquascape, maka akan terasa mudah bahkan akan menemukan gaya tersendiri dalam mendesain. Aquascape juga bukan barang baru di dunia perikanan.

Aquascaping banyak diminati karena keindahan dan mudahnya dalam merawatnya, keindahan dapat dilihat dari imajinasi dalam menyusun antara tata letak tanaman, unsur dekorasi lainya seperti pasir membentuk contur dasar aquarium batu-batuan alam, dan tentunya ikan yang selaras, dan memiliki air yang jernih dan sehat.

Fenomena Aquascape memang sudah berkembang sejak lama di Indonesia, tetapi biasanya aquascaping hanya dilakukan oleh orang yang memang hobi ikan hias dan pecandu akuarium.
sekarang aquscape sudah banyak dijadikan sebagai pemanis ruangan untuk hiburan dan penyegar mata. Aquascape adalah seni membuat atau mendesain taman di dalam air agar terlihat menarik
yang utama yang ditonjolkan dalam aquascape adalah tanaman, tidak seperti akuarium biasa yang mengutamakan ikan hiasnya.

Karena lebih mengutamakan tanamannya, maka ikan yang dipilih untuk di dalam aquascape harus ikan yang tidak merusak tanaman (jangan pilih ikan jenis maskoki).
Jumlah ikan juga harus diperhitungkan dengan jeli dan disesuaikan dengan jenis tanaman yang mendominasi aquascape (jenis tanaman merambat, membesar).
Selain ikan, ornamen yang bisa ditambahkan untuk menghias aquascape adalah ornamen berbentuk akar pohon yang sudah menjadi fosil. untuk menciptakan aquascape yang indah beserta perawatannya dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, dan pengetahuan mengenai kimia dan biologi serta beberapa alat seperti lampu, chiller controller, filter air, penghasil co2 dan alat alat lainnya.
Biaya yang dibutuhkan juga relatif tergantung sistem yang digunakan, bisa low, medium, or high, semua tergantung selera.

Untuk perawatan aquascaping terbilang mudah, karena dalam perawatan aquascaping tidak diperlukan pengurasan total, cukup menjaga kestabilan air, penerangan (waktu penyinaran), pemupukan (pupuk cair), dan pemberian pakan ikan.


contoh Gambar aquascape :


1 komentar:

  1. Dementia22 September 2012 09:25

    mbahnya aquascape itu takashi amano bukan sih?

    http://aquascape101.blogspot.com/2012/09/biography-takashi-amano.html

    BalasHapus