Search

Senin, 12 April 2010

Asal pembuatan laptop!

Mungkin selama ini kita mengira bahwa laptop hanya berasal dari negara-negara seperti Amerika Serikat, Taiwan maupun Jepang. Namun pada kenyataannya tidaklah sehomogen itu. Berikut akan dijelaskan tentang asal mula sebuah laptop yang anda gunakan.

Pertama-tama kurang pas rasanya bila tidak menilik kampung halaman mikroprosesor. Sebagai jantung dari setiap komputer, mikroprosesor memulai keberadaannya dalam bentuk bongkahan kristal kuarsa. Tentu saja kristal ini tidak dapat langsung digunakan sebagai sebuah prosesor, namun perlu terlebih dahulu dilakukan pemurnian. Negara-negara yang memimpin dalam industri pemurnian silikon adalah Cina, Amerika Serikat, Norwegia dan Brazil.

Selanjutnya, silikon murni melanjutkan petualangannya ke pabrik pembuatan wafer. Disana silikon murni dicetak dalam wafer silikon dengan berbagai diameter. Wafer silikon adalah dasar dari semua mikrochip yang akan dibuat. Untuk urusan membuat wafer seperti ini, Jepang dan Amerika Serikat jagonya.

Setelah didapatkan wafer silikon, proses pembuatan mikroprosesor kembali berpindah ke pabrik perakitan mikroprosesor. Untuk kawasan Asia Tenggara, Malaysia dan Filipina adalah tempatnya.

Langkah selanjutnya dalam perakitan sebuah laptop adalah pemasangan prosesor ke motherboard. Biasanya pabrikan menyerahkan bagian ini ke perusahaan di Shanghai.

Setelah selesai dengan pemasangan prosesor, dilanjutkan dengan pemasangan bagian-bagian lain dari sebuah laptop, antara lain harddisk, LCD, drive optik, baterai, keyboard dan kelengkapan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar